You are here
News Pendidikan 

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Masta Ta’aruf (Masta)

SURAKARTA – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Masta Ta’aruf (Masta) komisariat Ahmad Dahlan yang digelar di Kampus 1 UMS yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan III, Marisa Kurnianingsih, S.H., M.H., M.Kn.
Tujuan diadakannya Masta IMM ini adalah untuk mengenalkan organisasi IMM kepada mahasiswa baru akan keaktifannya atau lingkungannya serta mengenalkan kegiatan apa saja yang ada di dalam IMM Ahmad Dahlan.
Masta IMM merupakan salah satu rangkaian masta yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang diadakan di fakultas masing-masing. Rio Pradita Wibowo selaku Ketua IMM Ahmad Dahlan menyampaikan bahwa sudah terdapat 411 mahasiswa baru yang telah mendaftar Masta IMM komisariat Ahmad Dahlan.
Ketua IMM komisariat Ahmad Dahlan juga menyampaikan bahwa visi dalam kegiatan adalah untuk menarik mahasiswa baru untuk turut bergabung sebagai kader IMM.
“Visinya itu untuk tujuannya memperkenalkan supaya banyak mahasiswa berminat dan masuk sebagai kader IMM,” ungkap Rio pada Jumat, (23/8).
Kegiatan ini, lanjutnya, dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2024 yang dilaksanakan di gedung Auditorium Djazman dan di Griya Mahasiswa Kampus 1 UMS.
Dalam persiapan Masta IMM ini, Rio menyampaikan, pertama kali yang disiapkan yaitu tempat pelaksanaan, karena menurutnya banyak komisariat lain yang juga menggunakan tempat tersebut.
“Yang utama itu tempatnya, supaya tidak didahului oleh komisariat yang lain,” jelas Ketua pelaksana.
Rio juga memaparkan, konsep acara pada tahun ini sedikit menambahkan konsep baru dengan mengurangi materi dan lebih menekankan pada hiburan serta keaktifan mahasiswa.
Terdapat 2 materi utama yang disampaikan oleh pemateri yaitu Muhammadiyah sebagai Gerakan Pencerah dan IMM sebagai Gerakan Sosial. Pada materi ke dua, menjadi wadah untuk mahasiswa dalam bersosial kepada masyarakat.
Kemudian terdapat 2 materi lain yaitu IMM Zone dan IMM Ceria. Pada IMM Zone, akan diisi dengan mengenalkan IMM masing-masing fakultas, sedangkan pada materi IMM Ceria diisi dengan latihan orasi sebagai mahasiswa.
Selain materi, mahasiswa baru juga disajikan permainan yaitu Game Best Learning yang nantinya permainan tersebut meliputi Cerdas Cermat serta Pidato untuk melatih public speaking.
“Harapannya semoga nanti mahasiswa baru dapat ilmu yang bermanfaat dari acara ini dan berkesan. Serta banyak mahasiswa baru yang minat untuk berbagung di IMM dan menjadi aktif dalam menggapai impiannya melalui IMM,” pungkas Ketua Pelaksana.

Related posts

Leave a Comment