You are here
Nasional News Pendidikan 

MWA TETAPKAN TIGA CALON REKTOR UNS MELALUI VOTING

SURAKARTA – Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret, telah menetapkan tiga Calon Rektor masa jabatan 2024-2029 melalui rapat pleno MWA Selasa, 9 Juli 2024.
Dalam memilih Calon Rektor, MWA juga mempertimbangkan masukan warga kampus UNS yang telah terlaksana sejak tanggal 25 Juni 2024 sampai dengan 2 Juli 2024 dan reviu kertas kerja oleh Panelis dalam forum uji publik Bakal Calon Rektor yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2024.
Dalam proses pemilihan Calon Rektor, MWA melakukan musyawarah dan tidak mencapai kata mufakat, sehingga dilakukan pemungutan suara secara tertulis, langsung, bebas, dan rahasia. Pemungutan suara dilakukan oleh seluruh anggota MWA yang hadir dalam rapat pleno MWA.
Setiap anggota MWA memilih dengan cara melingkari nomor urut Bakal Calon Rektor sebanyak 3 orang, dan anggota MWA termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki hak suara yang sama.
Bakal Calon Rektor yang mendapatkan suara terbanyak kesatu, kedua, dan ketiga ditetapkan sebagai Calon Rektor, yaitu:
1. Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. (Fakultas Kedokteran UNS);
2. Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si. (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam UNS)
3. Prof. Dr.E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS).
Sesuai dengan ketentuan Pasal 31 Peraturan Majelis Wali Amanat Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor juncto Pasal 36 Peraturan Majelis Wali Amanat Nomor 4 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Jabatan 2024-2029, Calon Rektor harus menyerahkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan, kepada MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor paling lambat hari Kamis tanggal 11 Juli 2024. Apabila tidak menyerahkan surat pernyataan tersebut, Calon Rektor tersebut dinyatakan mengundurkan diri.
Dengan telah ditetapkannya Calon Rektor, maka tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan pemilihan Rektor sekaligus penetapan Rektor Terpilih melalui Rapat Pleno MWA yang khusus diselenggarakan untuk pemilihan Rektor pada tanggal 18 Juli 2024.
Rapat Pleno MWA tersebut mengundang Calon Rektor untuk terlebih dahulu memaparkan visi, misi, dan program kerjanya di hadapan MWA kemudian dilanjutkan dengan pendalaman melalui tanya jawab.
Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pengambilan sumpah dan pelantikan Rektor terpilih nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2024 dan disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube UNS.
MWA berharap agar Calon Rektor selalu berkomitmen menjaga keutuhan, kebersamaan, dan kesejukan selama proses pemilihan Rektor ini berlangsung.
MWA juga menghimbau kembali kepada seluruh warga kampus UNS untuk tetap mengawal dan mengawasi proses pemilihan Rektor sampai dengan tahap akhir.
MWA berharap seluruh tahapan pemilihan rektor berjalan dengan lancar dan melahirkan pemimpin yang dapat menjadikan UNS lebih maju seperti harapan kita bersama.
Hal tersebut telah disampaikan oleh ketua MWA Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, Ph.D

Related posts

Leave a Comment