You are here
Edukasi Pendidikan 

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MELALUI SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM PADA KELOMPOK SIMPAN PINJAM (KSP) SUKAMAJU

KARANGANYAR – Tim pengabdian masyarakat dari Program studi Teknik informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah berhasil mengimplementasikan teknologi tepat guna di Kelompok Simpan Pinjam (KSP) Sukamaju.
Salah satu unit usaha di BUMDES Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, diberi nama Aplikasi Simpan Pinjam Sukamaju. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang didanai oleh UMS dalam skema Pengabdian Masyarakat Teknologi Tepat Guna (P2TTG).
Sebagai ketua tim pengabdian, Diah Priyawati, S.T., M.Eng mengatakan salah satu tujuan pengabdian ini adalah menjawab keresahan pengurus KSP agar mempunyai catatan simpan pinjam yang baik dan warga juga dapat membayar angsuran dengan mudah.
Menurut Diah Priyawati rangkaian kegiatan pengabdian tersebut meliputi pengembangan aplikasi simpan pinjam dan penyuluhan tentang manajemen keuangan yang diikuti warga dan penjabat Desa Kragan.
“Pengabdian ini tidak hanya membangun aplikasi yang dibutuhkan namun juga memberikan penyuluhan keuangan untuk warga desa pemanfaat kelompok simpan pinjam, Kegiatan ini sudah berjalan sekitar enam bulan, dan ditutup dengan penyerahan aplikasi simpan pinjam sukamaju serta perangkat pendukung yang diterima secara simbolis oleh Bapak Eko Wulandari selaku Pembina Bumdes” ungkap Diah Priyawati.
Fitur-fitur aplikasi meliputi admin menambahkan nasabah, admin dapat menambah pinjaman serta angsuran, Implementasi teknologi pada KSP Sukamaju BUMDES Desa Kragan ini dirasa perlu dilakukan untuk memudahkan proses administrasi dan transaksi simpan pinjam sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan dana KSP tersebut.

Related posts

Leave a Comment